Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

4 Amalan Setelah Sholat Subuh yang Disarankan Dilaksanakan Karena Keutamaannya

Sholat Subuh
Amalan Setelah Sholat Subuh - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Amalan Setelah Sholat Subuh merupakan amalan yang harus dilakukan karena keutamaan dan keberkahan yang dimilikinya dalam agama Islam.

Amalan Setelah Sholat Subuh tentunya menjadi hal yang harus diperhatikan agar mendapatkan faedah dan juga manfaatnya bagi kebaikan.

Keistimewaannya sendiri sudah disampaikan dalam dalil-dalil juga termaktub di dalam firman Allah SWT dalam Al Quran yang berbunyi:

"Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) Subuh. Sesungguhnya sholat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat)." (Qs. Al-Isra’: 78)

Seperti yang dijelaskan dalam ayat di atas, para malaikat menjadi saksi bagi orang yang selalu melaksanakan sholat Subuh tepat waktu.

Para malaikat tersebut tentu saja selalu mendoakan dan pastinya mengaminkan setiap doa yang dipanjatkan oleh hamba Allah yang saleh yang menyengajakan mendirikan sholat Subuh sebagai jamaah di masjid-masjid.

Oleh sebab itu, ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan setelah sholat Subuh, yang tentunya tidak boleh diabaikan.

Satu dari sekian amalan yang dianjurkan untuk dilakukan setelah mendirikan sholat Subuh secara berjamaah di masjid adalah membaca kerap membaca kalimat dzikir ditambah doa-doa yang telah disampaikan Nabi Muhammad SAW, sebagai utusan Allah.

Dzikir dan doa setelah sholat Subuh diyakini dapat memperkuat hubungan spiritual dengan Allah SWT serta memperoleh berkah dan pahala yang besar dalam kehidupan sehari-hari.

Bukan hanya itu, membaca Al-Quran juga merupakan sebuah amalan yang sangat dianjurkan setelah selesai sholat Subuh didirikan.

BACA JUGA: Tata Cara Sholat Tarawih yang Benar Beserta Penjelasannya!

Membaca Al-Quran pada pagi hari, khususnya setelah sholat Subuh, akan memberikan rasa ketenangan dan kesejukkan jiwa, juga mendapatkan keberkahan dalam menjalani aktivitas sepanjang hari.

Bukan hanya itu, menyampaikan salam kepada sesama muslim juga merupakan amalan yang baik setelah mendirikan sholat Subuh.

Salam merupakan salah satu bentuk jalinan hubungan sosial yang baik di dalam ajaran Islam, dan tentu saja melakukannya setelah sholat Subuh bisa meningkatkan rasa ukhuwah di antara umat muslim.

Selainnya, melakukan kebaikan lainnya seperti sedekah atau amal kebaikan lainnya juga dianjurkan setelah sholat Subuh.

Memberikan sedekah pada pagi hari kepada yang benar-benar membutuhkan bisa membuka pintu rezeki dan mendatangkan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari setiap individu.

Amalan Setelah Sholat Subuh yang Sangat Dianjurkan untuk Dilaksanakan


Sholat Subuh
Amalan Setelah Sholat Subuh - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Dengan melaksanakan amalan-amalan tersebut setelah sholat Subuh, tentunya kita dapat memperoleh berbagai keutamaan serta keberkahan dalam kehidupan ini serta dapat menyempurnakan pahala sholat Subuh yang telah kita laksanakan.


1. Membaca Dzikir dan Sholawat


Membaca dzikir yang ditujukan untuk selalu mengingat kepada Allah SWT dan membaca shalawat untuk Nabi Muhammad SAW merupakan amalan yang sangat dianjurkan setelah sholat Subuh dalam agama Islam.

Rasulullah SAW sendiri telah mencontohkan praktik tersebut dengan secara rutin memanjatkan dzikir di pagi serta petang hari sebanyak tiga kali dan rutin dilakukan tiap hari.

Dalam sebuah hadits riwayat disebutkan dengan gamblang bahwa amalan dzikir yang disampaikan Muhammad SAW akan diamini oleh tujuh puluh ribu orang malaikat.

Menambahkan bacaan shalawat setelah dzikir dan setelah sholat Subuh memiliki keutamaan tersendiri, tentunya.

BACA JUGA: 5 Keutamaan Sholat Tarawih yang Jarang Diketahui, Benarkah Bisa Meraih Keberkahan Allah SWT?

Shalawat yang dipanjatkan kepada Nabi Muhammad SAW juga merupakan bentuk penghormatan serta kecintaan kepada utusan Allah tersebut.

Dengan membaca dzikir dan shalawat setelah sholat Subuh, umat Muslim diupayakan bisa mengokohkan ikatan spiritual dengan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Dzikir tentunya akan mengingatkan kita akan adanya kebesaran Allah juga bisa memperkuat kesadaran akan kehadiran Allah  dalam kehidupan sehari-hari.

Amalan ini tidak hanya membawa keberkahan dalam kehidupan kita sendiri, tetapi juga bisa menjadi saksi bagi kita di hadapan Allah SWT kelak di yaumil akhir.

Dengan mengikuti contoh Rasulullah SAW dalam melaksanakan dzikir serta shalawat setelah sholat Subuh, kita memperoleh keberkahan, ampunan, dan juga perlindungan dari Allah SWT.


2. Menyempatkan Membaca Tiga Ayat Terakhir Al Hashr


Amalan Setelah Sholat Subuh berikutnya yang disarankan untuk ditunaikan, adalah membaca tiga ayat terakhir Surat Al-Hashr, dan ini tentunya memiliki khasiat dan manfaat bagi para pembacanya.

Ketiga ayat terakhur dari Surat Al Hashr itu tentu saja dalam pelaksanaanya bisa diteruskan menjadi bagian dari rangkaian kalimat dzikir usai mendirikan sholat Subuh berjamaah di masjid.

Untuk keutamaan dalam membaca tiga ayat terakhir tersebut secara khusus telah disebutkan dalam hadits riwayat yang sudah dijelskan oleh Imam Tirmidzi.

Dalam hadits tersebut disebutkan dengan sangat benderang dengan menyebutkan bahwa barang siapa yang membaca doa ini pada waktu pagi hari dengan jumlah pengulangan sebanyak tiga kali, maka:

"Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari godaan setan yang terkutuk,"

BACA JUGA: Sholat Tarawih 2024 Mulai Kapan? Simak Informasi Berikut Ini!

Dari ayat tersebut dengan jelas bahwa Allah SWT akan memerintahkan kepada tujuh puluh ribu malaikat untuk memintakan ampunan baginya hingga petang hari datang menjemput.

Berikutnya adalah bila seseorang tersebut meninggal dunia pada hari tersebut, maka dia akan mati sebagai syuhada.

Dan jika seseorang mengucapkannya di kala petang harinya, maka dia juga akan mendapat kedudukan yang sama.

Dengan membaca tiga ayat terakhir dari Surat Al-Hashr tersebut setelah sholat Subuh, hal ini akan menguatkan ikatan spiritual dengan Allah SWT serta dapat memohonkan perlindungan dari godaan setan.

Selain itu, amalan ini juga bisa menjadi sarana untuk mendapatkan ampunan dan pahala yang besar dari Allah SWT serta mendapatkan kedudukan yang mulia di hadapan Allah SWT.


3. Sholat Dhuha


Sholat Subuh
Amalan Setelah Sholat Subuh - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Amalan setelah sholat Subuh berikutnya yang sangat dianjurkan setelah sholat Subuh adalah mendirikan sholat Isyraq atau dikenal sebagai sholat Dhuha.

Baik sholat Subuh maupun sholat Dhuha, keduanya sama-sama memiliki banyak faedah, manfaat, dan keutamaan, juga dijanjikan pahala yang berlipat oleh Allah SWT.

Sholat Isyraq yang merupakan sholat sunat yang pengerjaanya dilakukan pada waktu setelah matahari muncul di timur, sementara itu, sholat Dhuha merupakan sholat sunat yang dilakukan setelah Subuh atau pada waktu pagi setelah matahari mulai naik beberapa derajat di atas langit.

Baik Isyraq maupun sholat Dhuha tentu saja merupakan amalan ibadah untuk mendapatkan keberkahan serta pahala yang berlipat dari Allah SWT.

Keutamaan dari sholat Isyraq dan sholat Dhuha disebutkan dalam sebuah hadits, yakni mendapatkan pahala yang sama seperti melakukan ibadah haji atau umrah.

Melakukan sholat Isyraq atau sholat Dhuha setelah sholat Subuh juga menjadi bentuk kesungguhan dalam menjaga hubungan spiritual dengan Allah SWT.

Sholat ini merupakan wujud syukur atas nikmat kehidupan yang diberikan oleh Allah serta usaha untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

BACA JUGA: Wajib Diketahui, Ini Dia Niat Sholat Tarawih Imam, Makmum dan Sendiri

4. Sedekah


Amalan Setelah Sholat Subuh berikutnya adalah bersedekah di waktu Subuh.

Hal ini tentunya merujukan kepada anjuran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW karena keutamaan yang dimilikinya sangatlah besar.

Pada saat melakukan sedekah di waktu Subuh, amalan tersebut disaksikan oleh dua malaikat yang berdoa agar seseorang diberikan ganti dari harta yang disedekahkan.

Oleh karena itu, menunaikan amalan setelah sholat Subuh seperti hal-hal di atas sangat dianjurkan untuk pahala juga keberkahan.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.