Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Bacaan Sholawat Tunjina: Ini Keutamaannya

 

Bacaan sholawat Tunjina
Bacaan sholawat Tunjina
( Dok. Ist)

SwaraWarta.co.id - Sholawat Tunjina, juga dikenal sebagai Sholawat Munjiyat, adalah salah satu bacaan yang dianjurkan bagi umat Muslim.

Bacaan sholawat Tunjina dapat dibacakan pada saat mengalami kesulitan dan meminta kemudahan dari Allah SWT. 

Dalam buku Mukjizat Shalawat karya Habib Abdullah Assegaf dan lainnya, dinyatakan bahwa sholawatadalah bentuk doa yang menunjukkan cinta dan penghormatan seorang hamba kepada Nabi Muhammad SAW. 

BACA JUGA: Bacaan Sholawat Sirrul Asror, Rahasia Jumat Mubarok

Bahkan, malaikat pun bersholawat untuk Nabi Muhammad, sebagaimana terdapat dalam surat Al-Ahzab ayat 56:

“Sesungguhnya Allah SWT dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam dengan penuh penghormatan.” (QS. Al-Azhab :56)

Bacaan Sholawat Tunjina

Berikut ini bacaan dari sholawat Tunjina yang bisa dihafalkan oleh semua orang:

اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْآفَاتِ، وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ، وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ، وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ، وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِيْ الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

"Allahumma shalli alaa sayyidina Muhammadin wa ‘ala ali Sayyidina Muhammadin shalatan tunjina biha min jami il ahwaali wal afati wa taqdhi lana bihaa min jami’al hajat wa tuthahhiruna biha min jami'is sayyiat wa tarfa’una bihaa ‘indaka a’lad darajat wa tuballighunaa bihaa aqshal ghayaat min jamî’il khairati fil hayati wa ba’dal mamat."

BACA JUGA: Lirik Sholawat Badar yang Mudah dihafalkan oleh Semua Orang

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada pimpinan kami Nabi Muhammad, dengan rahmat yang menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan dalam hidup dan kebaikan setelah mati.”

BACA JUGA: Sholawat agar Hujan Berhenti dan Dalilnya

Keutamaaan Melafalkan Bacaan Sholawat Tunjina 

Bacaan sholawat Tunjina memberikan banyak manfaat bagi umat Islam. Berikut ini keutamaan sholawat Tunjina:

  • Menjadi syafaat pada akhirat kelak 
  • Membantu dalam kesulitan dunia 
  • Menjadi sebab turunnya rahmat Allah 
  • Membantu mempercepat terkabulnya doa
  • Melapangkan segala kesulitan dan rintangan.

BACA JUGA: Lirik Sholawat Nadhom Alfiyah dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Sholawat Tunjina dapat dilafalkan pada awal doa, terutama saat membaca doa tahlil. Keyakinan umat Islam menyatakan bahwa doa yang diawali dengan bacaan sholawat Tunjina akan lebih cepat terkabul, tentu saja atas seizin dan kehendak Allah SWT.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter