Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Singung Rhoma Irama dalam Ceramah, Ini Kata MUI Jatim Soal Ning Umi Laila

 

Singung Rhoma Irama dalam Ceramah, Ini Kata MUI Jatim Soal Ning Umi Laila
Potret Ning Umi Laila (Dok. Ist). 

SwaraWarta.co.id - Sebuah ceramah dari pendakwah milenial yakni Ning Umi Laila belakangan menjadi viral di media sosial karena menyinggung Rhoma Irama, seorang pedangdut terkenal. 

Dalam video ceramah yang diunggah di TikTok itu, Ning Umi Laila menyampaikan mengenai bahaya narkoba. 

Namun, ada bagian ceramah yang dikaitkan dengan anak Rhoma Irama yang disebut memiliki masalah dengan narkoba

Video ini ramai diperbincangkan karena dianggap sebagai tindakan menggunjingkan Rhoma Irama.

Salah satu anggota Komisi Fatwa MUI Jatim Nur Hasyim Anam turut menanggapi ceramah tersebut.

Menurutnya, kesalahan tersebut sepenuhnya tidak dilakukan oleh Ning Umi. 

Baca Juga:

Makam Sunan Kudus, Tempat Berziarah yang Menyimpan Sejarah dan Budaya Islam di Jawa

Nur Hasyim menjelaskan bahwa Ning Umi Laila dibantu oleh tim dalam menyusun materi ceramah dan ada juga input dari tim yang masuk ke dalam materi ceramah. 

"Kalau viral ini saya lihat Ning Laila isi acara di TV kan, jadi ada sebagian fatwanya tidak sesuai dengan kaidah fikih. Sebetulnya bukan kesalahan Ning Laila, karena setelah saya telusuri, sepertinya kesalahan timnya," kata Nur Hasyim saat dikonfirmasi awak media Kamis (18/4). 

Lebih lanjut, Nur Hasyim juga mengungkapkan bahwa input yang kurang tepat membuat ceramah Ning Umi Laila menjadi kontroversial.

"Acara TV kan sebenarnya tanya jawabnya setting-an. Tim yang dibawa sepertinya salah orang. Jadi yang dia sampaikan itu jawaban yang disusun oleh tim. Saya sudah memberi masukan agar memilih orang yang tepat," jelasnya

Nur Hasyim sendiri mengapresiasi sikap Ning Umi Laila yang legawa dan memberikan pengakuan bahwa ada kesalahan dalam ceramahnya. Nur Hasyim berharap agar Ning Umi Laila bisa belajar dan berkembang ke depannya.

"Alhamdulillah Ning Laila mau belajar menerima nasihat. Beliau mau berkembang. Jadi Insyaallah ke depan tidak terulang lagi," ujar Hasyim. 

Baca Juga:

Resmi Deklarasikan Dukungan Pada Pasangan Amin, Begini Penjelasan Rhoma Irama

"Karena dia (Ning Laila) keilmuannya belum mapan, termasuk pengetahuan fikihnya. Tapi hebatnya Ning Laila mau berbesar hati mengakui kesalahannya.

Sebelumnya, potongan video ceramah Ning Umi Laila ini tetap menjadi kontroversial dan menimbulkan perbincangan di media sosial. 

Ning Umi Laila sendiri sudah memberikan pengakuan bahwa ada salah paham dalam ceramahnya.

"Sebenarnya niku namung salah paham mawon, cuman dari kulo-nya juga kelinthu. Dados pripun mboten nopo-nopo (Sebenarnya itu cuma salah paham saja, cuman dari sayanya juga keliru. Jadi bagaimana ya tidak apa-apa)," ujarnya saat dihubungi awak media.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter