Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

3 Cara Melacak HP iPhone yang Hilang, Efektif dan Aman

Cara lacak iPhone Hilang
Cara Lacak iPhone Hilang - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Terkadang kita sebagai pengguna iPhone harus mengalami hal buruk dan tidak terduga yakni hp-nya hilang, baik tercecer maupun dicuri orang.

Hal ini tentu saja akan membuat Anda panik, sehingga berupaya mencari Cara Melacak HP iPhone yang Hilang agar HP tersebut bisa kembali karena isinya sangat penting bagi pemiliknya.

Melacak iPhone yang hilang merupakan langkah yang penting untuk dilakukan secepat mungkin.

Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan fitur bawaan dari Apple, yaitu "Find My iPhone".

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melacak perangkat mereka secara akurat dengan menggunakan GPS.

Bahkan jika iPhone berada dalam keadaan mati, aplikasi ini dapat menampilkan lokasi terakhir yang terdeteksi sebelum perangkat mati.

Proses pelacakan dapat dilakukan melalui perangkat lain seperti iPad, Mac, atau bahkan melalui situs web iCloud.com.

Setelah mengakses aplikasi, pengguna dapat melihat lokasi terkini iPhone mereka di peta dan mengambil langkah-langkah selanjutnya seperti mengunci perangkat atau mengirim pesan ke layar kunci dengan informasi kontak untuk menghubungi jika perangkat ditemukan.

Selain menggunakan "Find My iPhone", pengguna juga dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di App Store.

Contoh aplikasi yang populer adalah Prey dan Cerberus.

BACA JUGA: 7 Cara Membuat ID Apple Mudah dan Tidak Ribet


Aplikasi-aplikasi ini menawarkan fitur pelacakan yang serupa dengan "Find My iPhone" dan sering kali memiliki fitur tambahan seperti merekam suara di sekitar perangkat atau mengambil foto menggunakan kamera depan untuk membantu mengidentifikasi pencuri.

Selain menggunakan teknologi, penting juga untuk melaporkan kehilangan iPhone kepada pihak berwajib dan operator seluler.

Dengan memberikan informasi yang akurat tentang kehilangan, pengguna dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan kembali perangkat mereka.

Operator seluler dapat membantu memblokir kartu SIM sehingga perangkat tidak dapat digunakan oleh orang lain.

Melacak iPhone yang hilang bukan hanya tentang melindungi perangkat fisik, tetapi juga tentang melindungi data pribadi yang tersimpan di dalamnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengambil langkah-langkah yang cepat dan tepat setelah menyadari bahwa perangkat hilang.

Dengan berbagai pilihan yang tersedia, pengguna iPhone memiliki beberapa opsi untuk melacak perangkat yang hilang dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi diri mereka.


Cara Melacak HP iPhone yang Hilang

iPhone
Cara Lacak iPhone yang Hilang - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Ada beberapa cara bisa dilakukan untuk melacak keberadaan iPhone kita yang hilang, seperti:

1. Menggunakan Fitur Find my iPhone

Cara Melacak HP iPhone yang Hilang yang pertama adalah dengan menggunakan fitur bawaan HP iPhone itu sendiri yakni  "Find My iPhone" tetapi tentunya melalui perangkat lain.

Untuk memulainya, pengguna dapat membuka aplikasi Find My iPhone pada perangkat lain atau mengunjungi situs web iCloud melalui PC atau perangkat seluler lainnya.

Setelah masuk ke aplikasi atau situs web, pengguna perlu masuk menggunakan ID Apple yang terhubung dengan iPhone yang hilang.

BACA JUGA: Cara Cek Garansi iPhone! Apa Saja Langkah-Langkahnya?


Jika menggunakan perangkat yang bukan miliknya, pastikan untuk keluar terlebih dahulu dari akun yang sedang aktif agar dapat login menggunakan ID Apple yang sesuai.

Kemudian, pilih iPhone yang hilang dari daftar perangkat yang tersedia.

Aplikasi akan menampilkan lokasi terkini perangkat tersebut pada peta. Namun, jika iPhone dimatikan atau baterainya habis, aplikasi hanya akan menampilkan lokasi terakhir yang berhasil terdeteksi sebelumnya.

iPhone
Cara Lacak iPhone Hilang - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Selanjutnya, pengguna dapat menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh Find My iPhone, seperti memainkan suara perangkat untuk membantu menemukannya jika masih berada di sekitar, atau mengunci perangkat dan mengaktifkan "Lost Mode" jika iPhone hilang di tempat yang bisa diakses oleh orang lain.

Langkah-langkah dalam "Lost Mode" meliputi memasukkan passcode acak untuk mengunci perangkat, mengirim pesan dengan nomor kontak yang ditampilkan di layar, dan melacak perubahan lokasi perangkat jika dipindahkan.

Selain itu, disarankan untuk membuat cadangan backup dari iPhone secara berkala menggunakan iCloud atau iTunes. Hal ini akan membantu untuk melindungi data yang tersimpan di perangkat dan memudahkan proses pemulihan jika diperlukan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna dapat menggunakan fitur Find My iPhone untuk melacak dan mengamankan perangkat mereka yang hilang.

2. Dengan Fitur iCloud

Pengguna juga memiliki opsi untuk menggunakan layanan iCloud dalam Cara Melacak HP iPhone yang Hilang.

Langkah-langkahnya termasuk membuka website iCloud melalui alamat www.icloud.com. dan melakukan login menggunakan ID Apple yang terhubung dengan perangkat yang hilang.

Jika diperlukan, proses autentikasi dua faktor dapat dilewati untuk mempercepat akses.

Setelah berhasil login, pengguna dapat memilih opsi "Find My iPhone" dari menu yang tersedia di dalam akun iCloud mereka.

BACA JUGA: Apple di Jalur Pengembangan iPhone dan iPad Lipat, Tantangan Daya Tahan dan Desain Tipis


Dengan memilih opsi tersebut, pengguna akan diarahkan untuk melihat lokasi terkini perangkat iPhone yang hilang.

Dari sini, mereka dapat mengambil langkah-langkah berikutnya untuk mengontrol perangkat tersebut secara jarak jauh.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah mengaktifkan "Lost Mode", yang memungkinkan pengguna untuk mengunci perangkat, mengirim pesan kepada siapa pun yang menemukannya, dan melacak perubahan lokasi perangkat jika dipindahkan.

Selain itu, pengguna juga dapat memilih untuk menghapus data dari iPhone yang hilang melalui layanan iCloud.

Langkah ini sangat penting untuk melindungi informasi pribadi yang disimpan di dalam perangkat, terutama jika perangkat jatuh ke tangan yang salah.

Selain itu, pengguna juga memiliki opsi untuk memicu alarm pada perangkat tersebut, yang dapat membantu dalam upaya menemukan perangkat jika masih berada di sekitar.

Penggunaan layanan iCloud dalam melacak iPhone yang hilang merupakan salah satu cara yang efektif dan aman.

Dengan akses yang mudah dan fitur kontrol jarak jauh yang komprehensif, pengguna dapat dengan cepat mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi data mereka dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan kembali perangkat yang hilang.

Dengan demikian, langkah-langkah ini menjadi solusi yang penting dalam menghadapi situasi kehilangan perangkat iPhone.

3. Dengan Email

Untuk Cara Melacak HP iPhone yang Hilang berikutnya adalah dengan menggunakan email, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, gunakan perangkat lain, terutama hp, untuk memulai proses pelacakan. Selanjutnya, akses halaman Gmail dan masukkan alamat email yang terhubung dengan iPhone yang hilang.

Setelah itu, lengkapi proses login dengan memasukkan password atau kata sandi yang sesuai.

Setelah berhasil masuk ke akun Gmail, pilih tampilan Gmail versi web untuk memastikan akses penuh ke fitur-fitur yang diperlukan.

BACA JUGA: Apple Resmi Luncurkan iPhone 15 dan iPhone 15 Plus Pakai USB-C. Segini Harganya


Selanjutnya, temukan dan klik ikon sembilan titik yang terletak di bagian kanan atas layar.

Kemudian, masuk ke Google Account atau Akun Google dengan melakukan scroll ke bawah pada menu yang muncul.

Di dalam menu tersebut, cari dan pilih opsi "Mulai" yang terletak di bawah tulisan "Temukan Ponsel Anda".

Setelah itu, akan muncul daftar perangkat yang terhubung dengan akun Google.

Pilih iPhone yang hilang dari daftar tersebut. Lakukan langkah selanjutnya dengan memasukkan kembali password email yang terkait dengan iPhone yang hilang.

Setelah berhasil melakukan verifikasi, pilih opsi "Temukan" untuk memulai proses pelacakan.

Setelah itu, pengguna akan diarahkan ke tampilan Google Maps yang menunjukkan lokasi terkini dari iPhone yang hilang.

Saat melihat tampilan Google Maps, pastikan untuk menutupnya setelah melihat lokasi iPhone yang hilang.

Selanjutnya, pilih jenis hp yang ingin dilacak dan klik ikon "Refresh" untuk memperbarui posisi perangkat yang hilang di Google Maps.

Dengan melakukan langkah-langkah ini, pengguna dapat secara efektif melacak lokasi iPhone yang hilang menggunakan email.

Proses ini memberikan akses yang mudah dan cepat melalui platform Gmail dan Google Maps, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengambil tindakan selanjutnya dengan cepat untuk mendapatkan kembali perangkat yang hilang.

3 Cara Melacak HP iPhone yang Hilang di atas bisa dikatakan efektif, setidaknya iPhone Anda tidak disalahgunakan.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.