Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Mengenal Ruangan NICU dan Alasan Bayi Harus Dirawat Didalamnya!

Mengenal Ruangan NICU dan Alasan Bayi Harus Dirawat Didalamnya!
Bayi dalam Ruangan NICU (Dok. Ist)


SwaraWarta.co.id - Ruang NICU atau Neonatal Intensive Care Unit adalah ruang perawatan intensif khusus untuk bayi baru lahir yang mengalami masalah kesehatan. 

Bayi harus dirawat di ruang NICU ketika mereka memiliki kondisi kesehatan yang serius, seperti kelahiran prematur atau kekurangan berat badan, yang membuat mereka memerlukan perawatan intensif untuk bertahan hidup.

Baca Juga:

Jenis Manfaat dan Resiko Operasi Bariatrik Apa Saja? Ini Informannya!

Bayi yang ditangani di NICU biasanya dirawat oleh dokter spesialis neonatologi dan perawat spesialis yang terlatih untuk merawat bayi yang memerlukan perawatan khusus. 

Ruang NICU biasanya bersifat steril dan dioperasikan sesuai dengan standar keamanan yang sangat ketat.

Bayi yang dirawat di NICU dikontrol secara konstan karena sangat penting untuk memantau kondisi mereka dan memastikan mereka mendapat perawatan yang tepat. 

Wanita hamil dan dokter besar manapun harus selalu sadar bahwa bayi baru lahir rentan terhadap kondisi kesehatan tertentu yang memerlukan perawatan segera, dan berada di NICU memberikan kesempatan terbaik untuk menyelamatkan nyawa bayi.

Penyebab Bayi Harus Dirawat di NICU

Ada banyak alasan kenapa bayi harus dirawat di NICU. Beberapa di antaranya adalah kondisi prematuritas, seperti kelahiran sebelum minggu ke-37. 

Baca Juga:

Frozen Shoulder Gejala dan Penyebab Serta Cara Penanganannya

Bayi yang lahir dengan berat badan rendah, yaitu kurang dari 2500 gram atau lebih dari 4000 gram, juga cenderung memerlukan perawatan di NICU.

Faktor Lain yang Menyebabkan Bayi Harus Dirawat di NICU

Mengenal Ruangan NICU dan Alasan Bayi Harus Dirawat Didalamnya!
Bayi di Ruangan NICU (Dok. Ist)

Ada faktor lain seperti diabetes pada ibu, tekanan darah tinggi, infeksi, atau konsumsi alkohol selama kehamilan yang dapat berdampak negatif pada kesehatan bayi dan menyebabkan mereka harus dirawat di NICU.

Baca Juga:

Jenis-jenis Pemeriksaan Mata yang Penting untuk Diketahui

Kondisi Dalam Ruang NICU 

Dalam NICU, bayi dirawat dengan alat khusus seperti penghangat bayi, inkubator NICU, selang makanan, fototerapi, ventilator, dan monitor. 

Para dokter dan perawat yang mengoperasikan alat di dalam ruang NICU terdiri dari dokter anak ahli neonatologi dan perawat khusus yang berkualitas tinggi dan sangat terlatih.

Kunjungan ke dalam ruang NICU dibatasi dan diatur ketat untuk menjaga lingkungan yang aman dan steril bagi bayi. 

Para orang tua dan keluarga mungkin dapat berkunjung untuk waktu yang singkat, namun sebelum masuk, mereka harus memastikan tangan mereka dicuci bersih dan steril.

Ruang NICU adalah ruangan yang tidak boleh sembarang orang masuk karena kondisi di dalamnya sebaiknya steril dan hampir sama seperti dalam ruang operasi. 

Untuk masuk ruang NiCU, biasanya orang tua harus bergantian. Hal ini bertujuan agar kesehatan bayi tidak menurun. 

Baca Juga:

Jelaskan Resistensi Terhadap Globalisasi Ekosistem yang Merugikan Ekonomi Rakyat Indonesia?

Jika bayi Anda terpaksa dirawat di NICU, ada baiknya untuk selalu memperhatikan informasi yang diberikan oleh dokter dan perawat yang mengawasi bayi. 

Ini sangat penting untuk memastikan bahwa bayi Anda menerima perawatan yang paling tepat dan mendapatkan bantuan yang diperlukan jika terjadi komplikasi medis.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter