Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Kunefe: Filo Pastry dengan Adonan Semolina yang Disajikan Kala Ramadan

Kunefe
Kunefe, Pastry Ramadan Khas Timur Tengah-SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Kunefe adalah sajian istimewa yang berasal dari Timur Tengah dan menjadi makanan khas yang sangat populer di Turki dan sejumlah negara Arab, terutama Ramadan.

Sajian ini memikat lidah dengan kombinasi unik dari filo pastry atau adonan semolina halus yang diolah secara khusus.

Salah satu ciri khas utama kunefe adalah prosesnya yang melibatkan perendaman dalam sirup berbasis gula yang manis, menciptakan rasa manis yang lezat dan khas.

Saat mencicipi künefe, pengalaman kuliner dimulai dengan kelezatan filo pastry yang diparut halus.

Filo pastry ini memberikan tekstur yang renyah dan nikmat saat digigit, memberikan dasar yang sempurna untuk menciptakan lapisan-lapisan kenikmatan. Selain filo pastry, ada varian künefe yang menggunakan adonan semolina halus, memberikan dimensi rasa yang berbeda.

Salah satu aspek yang membuat künefe begitu istimewa adalah lapisan-lapisan keju yang melapisi sajian ini.

Keju memberikan sentuhan gurih dan lembut yang sempurna, menciptakan harmoni rasa yang luar biasa.

Beberapa varian künefe juga menggunakan bahan tambahan seperti krim atau kacang-kacangan untuk memberikan variasi cita rasa yang menarik.

Proses pembuatan künefe memang terbilang rumit dan memerlukan keterampilan khusus.

Oleh karena itu, sajian ini sering menjadi pilihan camilan saat berkumpul di luar rumah.

Meskipun terdengar sulit untuk dibuat sendiri di rumah, para pencinta masakan Timur Tengah sering menantang diri mereka sendiri untuk mencoba membuat künefe dengan cita rasa autentik.

Selain kelezatan rasanya, künefe juga menjadi simbol kehangatan dan kebersamaan.

Saat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman, sajian ini menciptakan momen-momen berharga yang diisi dengan tawa dan kebahagiaan.

Tradisi menyajikan künefe saat berkumpul di luar rumah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya masyarakat Timur Tengah.

Dengan kepopulerannya yang meluas, künefe juga menjadi daya tarik wisata kuliner bagi wisatawan yang mengunjungi kawasan Timur Tengah.

Mereka dapat menemukan ragam varian künefe di restoran dan kafe-kafe khas setempat, menikmati pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Dalam setiap gigitan künefe, terdapat sejarah dan tradisi yang membentuknya. Dari proses peracikan adonan hingga pemilihan bahan-bahan berkualitas, künefe tidak hanya sekadar makanan penutup, tetapi juga warisan kulinernya yang kaya dan berwarna.

Maka, tiap sajian künefe tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga membawa kita dalam perjalanan melalui cita rasa yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter