Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Sebar Foto Bugil Tahanan, Anggota Polres Manggarai Terancam Hukuman Penjara

Sebar Foto Bugil Tahanan, Anggota Polres Manggarai Terancam Hukuman Penjara
Ilustrasi foto tahanan telanjang (Dok.ist)

SwaraWarta.co.id - Aipda Imanuel Neno Saban, seorang anggota polisi di Polres Manggarai Barat, telah dijatuhi hukuman karena menyebarkan foto telanjang seorang tahanan bernama RDL ke seorang pemilik hotel bernama Ngadiman.

Ia telah dihukum kurungan selama 30 hari di sel tahanan polisi, serta mutasi ke Polsek selama dua tahun sebagai bentuk hukuman. 

"Patsus (penempatan khusus) selama 30 hari. Penempatan khusus sama seperti sel," Kata Kasi Humas Polres Manggarai Barat Iptu Eka Darma Yuda dalam keterangannya, Senin (13/5/2024).

Baca Juga:

PSK MiChat di Denpasar Ditemukan Tewas Telanjang

"Sel kami masih ada titipan dari kejaksaan, setelah kosong baru dilaksanakan patsusnya," jelas Eka.

Pangkatnya juga akan tertunda selama 2,5 tahun. Istri RDL kecewa dengan keputusan tersebut dan merasa bahwa hal tersebut sebagai pelanggaran hak asasi manusia dan merusak citra polisi. 

"Pangkat tertunda selama 2,5 tahun karena masa pengawasan enam bulan, setelah itu baru bisa usul (kenaikan pangkat)," jelas Eka.

Istri RDL yakni IS juga mengatakan bahwa Imanuel meminta seorang rekannya yang bertugas di tahanan untuk memotret RDL telanjang seperti kasus pencabulan. 

"Sangat kecewa sekali. Saya pikir dia dicopot dari kepolisian," ujar IS.

Baca Juga:

Pria Jember Digrebek Gegara Telanjang dengan Istri Orang

"Pelanggaran HAM. Sudah merusak kepercayaan masyarakat khususnya keluarga saya. Harusnya polisi menjadi pengayom masyarakat malah bekerjasama dengan pelapor. Sudah merusak citra polisi hanya disanksi seperti itu. Masih dikasih kepercayaan bertugas lagi seperti itu," geram IS.

Dalam sidang itu, diketahui bahwa memotret tahanan telanjang bukan bagian dari SOP.

"Berarti dari awal kasus ini seperti sengaja dikawal, harus cepat jadi tersangka, langsung difoto seperti tahanan pencabulan. Dia bukan bertugas hari itu, tapi dia kawal harus dapat foto telanjang itu," kata IS.

"Dalam sidang itu ternyata (terungkap) memfoto itu bukan SOP. Memeriksa saja tapi bukan difoto," lanjut dia.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter