Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Manfaat Buah Kering; Kismis, Prune, serta Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Kering
Buah Kering, Kismis - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Manfaat Buah kering tentunya beragam selain sebagai camilan yang praktis dan lezat serta sering kali dianggap sebagai pilihan yang lebih sehat dibandingkan dengan camilan lainnya.

Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi mendapat Manfaat Buah Kering-nya dengan cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah dan menyerap lebih banyak Nutrisi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi buah kering.

Meskipun demikian, studi-studi tersebut bersifat observasional dan tidak dapat membuktikan bahwa buah kering secara langsung meningkatkan status berat badan.

Namun, Manfaat Buah Kering menyediakan berbagai senyawa tumbuhan yang bermanfaat, termasuk antioksidan yang kuat.

Manfaat Kismis dalam Mengurangi Risiko Penyakit Tertentu

Kismis memiliki profil nutrisi yang kaya akan serat, kalium, dan berbagai senyawa tumbuhan yang mendukung kesehatan.

Kismis juga memiliki indeks glikemik rendah hingga sedang dan nilai insulin yang rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah atau kadar insulin setelah makan.

BACA JUGA: 7 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan, dari Menjaga Kesehatan Mental hingga Kesehatan Janin


Beberapa manfaat kismis antara lain:
- Menurunkan tekanan darah
- Meningkatkan kontrol gula darah
- Mengurangi penanda inflamasi dalam tubuh
- Mengurangi kadar kolesterol darah
- Meningkatkan rasa kenyang

Semua faktor ini berkontribusi dalam mengurangi risiko pengembangan diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Prune Sebagai Pencahar Alami dan Pencegah Penyakit

Prune atau buah plum kering dianggap sebagai makanan yang sangat bergizi, dengan kandungan serat, kalium, beta-karoten (vitamin A), dan vitamin K yang tinggi.

Efek pencahar alami dari prune membawa banyak manfaat bagi tubuh.

Prune kaya akan serat dan alkohol gula yang disebut sorbitol, yang secara alami terdapat dalam beberapa buah.

Konsumsi prune terbukti meningkatkan frekuensi dan konsistensi tinja, bahkan lebih efektif dalam meredakan sembelit dibandingkan dengan psyllium, yang merupakan obat populer lainnya.

Prune juga merupakan sumber antioksidan yang kaya, dapat menghambat oksidasi kolesterol LDL, dan membantu mencegah penyakit jantung serta kanker.

Selain itu, prune mengandung mineral boron yang dapat membantu melawan osteoporosis. Prune juga memberikan efek kenyang dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

BACA JUGA: Manfaat Buah Bidara Sunda untuk Kesehatan Tubuh Manusia


Manfaat Kurma untuk Kehamilan dan Pencegahan Penyakit

Kurma sangat manis dan menyediakan banyak nutrisi esensial seperti serat, kalium, zat besi, dan beberapa senyawa tumbuhan.

Di antara buah kering lainnya, kurma dikenal sebagai makanan detox yang kaya akan antioksidan, yang berkontribusi dalam mengurangi kerusakan oksidatif dalam tubuh.

Kurma memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti konsumsinya tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Konsumsi kurma juga telah dipelajari dalam kaitannya dengan wanita hamil dan proses persalinan.

Mengonsumsi kurma secara teratur atau selama beberapa minggu terakhir kehamilan dapat membantu memperlebar leher rahim, serta mengurangi kebutuhan akan induksi persalinan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa hanya 4% wanita yang mengonsumsi kurma memerlukan induksi persalinan, dibandingkan dengan 21% wanita yang tidak mengonsumsi kurma.

Buah Kering dan Kesehatan

Secara keseluruhan, buah kering menyediakan berbagai manfaat kesehatan yang signifikan.

Konsumsi rutin buah kering seperti kismis, prune, dan kurma dapat memberikan dampak positif pada kesehatan jantung, mengurangi risiko diabetes, membantu dalam manajemen berat badan, serta memberikan manfaat khusus selama kehamilan.

Antioksidan dalam buah kering membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang berpotensi mencegah berbagai penyakit kronis.

Namun, penting untuk mengonsumsi buah kering dalam jumlah yang wajar, mengingat kandungan gulanya yang tinggi.

Memilih buah kering tanpa tambahan gula adalah pilihan terbaik untuk memaksimalkan manfaat kesehatannya.

Buah kering juga dapat menjadi bagian dari diet seimbang yang mencakup berbagai jenis buah dan sayuran segar untuk memastikan asupan nutrisi yang optimal.

Dengan mengintegrasikan buah kering ke dalam pola makan harian, kita dapat menikmati manfaat kesehatan yang ditawarkannya, sambil tetap menjaga keseimbangan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Buah kering bukan hanya camilan yang lezat, tetapi juga tambahan yang berharga untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter