Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Pandemi Covid-19 Memberikan Efek yang Luar Biasa Khususnya Bagi Perekonomian, Ceritakanlah Menurut Kalian Apa yang Terjadi pada Masa Pandemi di Indonesia? Berkaitan dengan Kemiskinan dan Pengangguran

 

Pandemi Covid-19 Memberikan Efek yang Luar Biasa Khususnya Bagi Perekonomian, Ceritakanlah Menurut Kalian Apa yang Terjadi pada Masa Pandemi di Indonesia? Berkaitan dengan Kemiskinan dan Pengangguran
Pandemi Covid-19 Memberikan Efek yang Luar Biasa Khususnya Bagi Perekonomian, Ceritakanlah Menurut Kalian Apa yang Terjadi pada Masa Pandemi di Indonesia? 


SwaraWarta.co.idPandemi Covid-19 memberikan efek yangl uar biasa khususnya bagi perekonomian, ceritakanlah menurut kalian apa yang terjadi pada masa pandemi di Indonesia? Berkaitan dengan kemiskinan dan pengangguran.

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia pada awal tahun 2020 telah memberikan dampak yang luar biasa, khususnya bagi perekonomian global.

Indonesia, sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, juga merasakan dampak yang signifikan dari pandemi ini.

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diberlakukan untuk menekan penyebaran virus telah melumpuhkan berbagai sektor ekonomi, menyebabkan peningkatan angka kemiskinan dan pengangguran.

Sektor Ekonomi Terpukul

Sektor pariwisata menjadi salah satu yang paling terpukul akibat pandemi.

Pembatasan perjalanan dan penutupan destinasi wisata menyebabkan penurunan drastis jumlah wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Hotel, restoran, agen perjalanan, dan bisnis terkait lainnya mengalami kerugian besar, bahkan banyak yang terpaksa gulung tikar.

Sektor manufaktur juga mengalami kontraksi akibat terhambatnya rantai pasokan global dan penurunan permintaan.

Banyak pabrik mengurangi produksi atau bahkan menghentikan operasional, menyebabkan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal.

Sektor informal, yang menjadi tumpuan sebagian besar masyarakat Indonesia, juga terdampak parah. Pedagang kaki lima, pekerja lepas, dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kehilangan pendapatan akibat pembatasan aktivitas ekonomi.

Baca juga: Sandiaga Uno Peringatkan Warga Indonesia Tidak Liburan ke Singapura untuk Menghindari Kasus COVID-19

Lonjakan Kemiskinan dan Pengangguran

Dampak ekonomi dari pandemi COVID-19 di Indonesia sangat terasa pada peningkatan angka kemiskinan dan pengangguran.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan pada Maret 2021 meningkat menjadi 10,14 persen, bertambah 0,36 persen dibandingkan September 2020. 

Sementara itu, tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada Februari 2021 mencapai 6,26 persen, naik dari 5,28 persen pada Februari 2020.

Peningkatan angka kemiskinan dan pengangguran ini disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

  1. PHK massal: Banyak perusahaan terpaksa melakukan PHK karena tidak mampu bertahan di tengah kondisi ekonomi yang sulit.
  2. Penurunan pendapatan: Sektor informal yang terdampak pembatasan aktivitas ekonomi menyebabkan penurunan pendapatan masyarakat.
  3. Inflasi: Kenaikan harga barang dan jasa akibat gangguan pada rantai pasokan global juga turut memperburuk kondisi ekonomi masyarakat.

Upaya Pemerintah

Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi dampak ekonomi dari pandemi COVID-19, antara lain:

  1. Program bantuan sosial: Pemerintah menyalurkan berbagai bantuan sosial, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST), untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi.
  2. Stimulus ekonomi: Pemerintah memberikan stimulus ekonomi kepada sektor-sektor yang terdampak, seperti pariwisata dan UMKM, untuk membantu mereka bertahan dan pulih.
  3. Program vaksinasi: Pemerintah melaksanakan program vaksinasi COVID-19 secara masif untuk menekan penyebaran virus dan mempercepat pemulihan ekonomi.

Meskipun telah dilakukan berbagai upaya, dampak pandemi COVID-19 terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Indonesia masih terasa hingga saat ini.

Diperlukan kerja sama antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter