Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Simbiosis Netralisme, Apa dan Bagaimana? Serta Contohnya

Simbiosis Netralisme
Simbiosis Netralisme - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Menurut artian secara bahasa, Simbiosis Netralisme merupakan salah satu bentuk hubungan yang terjadi antara makhluk hidup yang memiliki perbedaan jenis, di mana di antara keduanya tidak saling memengaruhi satu sama lain secara khusus.

Salah satu contoh yang sering diambil sebagai perbandingan adalah Simbiosis Netralisme pada binatang ayam dan juga. kambing.

Secara lebih jelas, dalam konteks ini, meskipun kedua Spesies tersebut kerap berinteraksi dalam lingkungan yang kurang lebih sama, pengaruh di antara keduanya minimal atau bahkan tidak terpengaruh sama sekali.

Dan tentunya, Untuk memahami konsep ini lebih lanjut, perlu diperhatikan bahwa dalam sebuah ekosistem alami, interaksi antar spesies satu dengan Spesies lainnya dapat mengambil berbagai bentuk.

Ada hubunga yang saling menguntungkan atau disebut sebagai Simbiosis Mutualisme, ada pula hubungan yang saling merugikan atau disebut simbiosis parasitisme, dan ada pula yang tidak memberikan pengaruh yang siginifikan atau disebut sebagai simbiosis komensalisme atau juga netralisme.

Dalam kasus yang terjadi antara ayam dengan kambing, kita bisa melihat bahwa contoh simbiosis yang terakhir, dikenal sebagai simbiosis netralisme.

Dalam Biologi, Ayam termasuk golongan  hewan omnivora yang umumnya memakan serangga, biji-bijian, serta berbagai sisa material organik lainnya.

Sementara itu, di sisi lain, kambing termasuk ke dalam jenis hewan herbivora yang memakan berbagai jenis rumput dan juga tumbuhan lainnya.

Karena perbedaan preferensi makanan tersebut, dalam hubungannya, ayam dan kambing jarang terjadi persaingan secara langsung untuk sumber daya makanan yang sama.

Dengan jelas, sebagai contoh, ayam tidak bersaing dengan kambing untuk mendapatkan rumput atau daun hijau, karena baham makanan utama ayam  serangga dan biji-bijian, yang secara gamblang berbeda dengan makanan kambing.

BACA JUGA: Daur Hidup Tumbuhan Paku dari Spora Hingga Tumbuhan Baru

Dalam situasi di mana dua spesies memiliki preferensi makanan yang berbeda, serta tidak memiliki interaksi lain yang signifikan, simbiosis netralisme dapat berkembang.

Dalam hal ini, ayam dan kambing hidup secara berdampingan tanpa saling memengaruhi satu sama lainnya secara langsung.

Meskipun mereka mungkin berbagi ruang dan sumber daya alam lainnya dalam lingkungan yang sama, interaksi antara keduanya tidak menghasilkan perubahan yang berarti dalam kehidupan atau perilaku satu sama lain.

Namun demikian, penting untuk diingat bahwa konsep netralisme ini bersifat relatif, jadi bisa saja berlaku tapi pada beberapa kasus lain tidak.

Secara garis besar, artinya dalam beberapa kasus, interaksi antara ayam dengan kambing mungkin tidak sepenuhnya netral.

Misalnya, ada beberapa kemungkinan bahwa keberadaan ayam bisa membantu membersihkan area dari serangga yang mungkin menjadi gangguan bagi kambing, ataupun sebaliknya.

Namun, secara umum, interaksi ini bisa dianggap netral karena tidak ada dampak lain yang signifikan dari satu spesies terhadap yang lainnya.

Dalam ekologi, pemahaman tentang hal seperti ini erat hubungannya antar spesies sangat penting untuk memahami bagaimana suatu ekosistem bisa berfungsi secara keseluruhan.

Sementara itu interaksi mutualisme dan parasitisme seringkali menarik perhatian karena dampaknya yang jelas terhadap keseimbangan ekosistem,

simbiosis netralisme juga secara langsung maupun tidak, memiliki peran yang penting dalam mempertahankan keragaman hayati dan stabilitas lingkungan.

BACA JUGA: 4 Contoh Tumbuhan Geragih yang Bisa Dikonsumsi Oleh Manusia

Dengan demikian, melalui contoh hubungan yang terjadi pada ayam dan kambing, kita dapat melihat bagaimana simbiosis netralisme memungkinkan kedua spesies tersebut untuk bisa hidup berdampingan dalam lingkungan yang sama tanpa saling memengaruhi secara signifikan.

Contoh Simbiosis Netralisme


Perbedaan dalam preferensi makanan tentunya menjadi kunci dalam menjaga hubungan ini tetap netral, sehingga masing-masing spesies dapat mengambil manfaat dari lingkungan tanpa bersaing secara langsung.

Berikut beberapa contoh simbiosis netralisme yang ada di sekitar kita, di antaranya:

1. Ayam dan Kambing


Simbiosis Netralisme
Simbiosis Netralisme Ayam dan Kambing - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Di atas telah dibahas sempitas soal simbiosis ayam dan kambing. Simbiosis sendiri merupakan interaksi antar makhluk hidup yang berbeda di dalam sebuah ekosistem.

Contohnya adalah hubungan antara dua organisme yang memiliki preferensi makanan yang berbeda sehingga tidak bersaing langsung.

Sebagai contoh jelas adalah ayam dan kambing hidup berdampingan tanpa memengaruhi satu sama lain, karena mereka memiliki jenis makanan yang berbeda.

2. Katak dengan Ikan


Simbiosis Netralisme
Simbiosis Netralisme Katak dan Ikan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Hubungan antara katak dan ikan merupakan contoh lain dari hubungan netralisme di dalam alam secara alami dan serasi.

Meskipun katak biasanya mencari makan di air, mereka tidak sedikit pun memiliki keinginan memakan ikan. Meskipun ikan hidup di dalam air yang sama, mereka juga tidak akan berinteraksi secara signifikan dengan katak.

Sebagai hasilnya, tidak ada sedikit pun pengaruh yang berarti antara keduanya dalam lingkungan mereka.

BACA JUGA: 5 Contoh Tumbuhan Umbi Lapis yang Ada di Sekitar Kita, dan Beberapanya Bisa Dikonsumsi

3. Sapi dengan Burung Hantu


Sapi dengan burung hantu merupakan contoh lain dari hubungan netralisme dalam ekosistem.

Meskipun keduanya berbagi lingkungan dan kehidupan yang sama, sapi dan burung hantu tidak saling memengaruhi secara signifikan.

Ini disebabkan oleh karena perbedaan kebiasaan makan mereka, secara rinci sapi aktif mencari makan pada siang hari, sementara burung hantu aktif mencari makan pada malam hari.

Sebagai akibatnya, interaksi antara kedua spesies tersebut tidak akan menghasilkan pengaruh yang berarti pada satu sama lainnya.

Selain simbiosis netralisme, terdapat beberapa jenis simbiosis lainnya dalam kehidupan sehari-hari, yakni:

1. Simbiosis Mutualisme

Merupakan sebuah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang berbeda tetapi melakukan hal yang saling menguntungkan.

Misalnya saja ada burung jalak yang membersihkan parasit dari kulit kerbau, sementara burung mendapatkan makanan dari inangnya tersebut.

2. Simbiosis Komensalisme

Merupakan hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup di mana salah satu pihak hanya menguntungkan sendiri, sementara pihak lainnya tidak merasa dirugikan maupun merasa diuntungkan.

Dalam simbiosis ini contohnya adalah ikan badut yang hidup di dalam anemon laut, di mana sang ikan mendapatkan perlindungan dari anemon tanpa sedikit pun memberikan kontribusi berarti bagi anemon.

BACA JUGA: Hutan Mangrove Jakarta, 5 Daya Tarik yang Membuat Wisatawan Datang Lagi dan Lagi

3.Simbiosis Parasitisme

Merupakan hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup di mana satu pihak merasa dirugikan, dan sementara pihak lainnya merasa diuntungkan.

Kasus ini terjadi misalnya antara lalat yang menggunakan buah sebagai tempat bertelur, sehingga merugikan buah tersebut dalam prosesnya.

Simbiosis Netralisme merupakan satu dari sekian jenis simbiosis yang terjadi dalam sebuah ekosistem.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.