Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Pantai Balangan dan 6 Hal yang Harus Diperhatikan oleh Para Pengunjung

Pantai Balangan
Pantai Balangan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Pantai Balangan merupakan empat yang sempurna untuk menikmati keindahan pantai di kawasan Uluwatu.

Pantai Balangan dikenal karena panorama serta pemandangan saat matahari terbenamnya yang menakjubkan.

Bukan hanya itu tetapi memiliki nuansa budaya lokal Bali yang kental, serta ombak yang ideal yang dapat mengundang Wisatawan untuk berselancar.

Hal Menarik di Pantai Balangan


Di Uluwatu sendiri, tempat Pantai Balangan berada, memiliki banyak hal menarik untuk ditawarkan, dari mulai pesona pantai yang memukau hingga restoran lezat serta berbagai atraksi dan pura yang menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Tidak mengherankan jika para pengunjung terpikat oleh pesonanya dan pastinya ingin kembali lagi dan lagi.


1. Lokasi & Hal Menarik di Pantai Balangan


Pantai Balangan
Pantai Balangan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Pantai Balangan lokasinya berada di Uluwatu, Bali, terletak di pantai barat daya semenanjung Bukit.

Merupakan pantai indah yang berjarak sekitar satu setengah jam dari Kawasan Canggu bila dengan menggunakan kendaraan mobil atau sepeda motor.

Letak pantai ini juga terbilang unik karena berada di tengah-tengah antara pantai-pantai populer lainnya seperti Pantai Tegal Wangi dan Pantai Dreamland.

Dari area utama Pantai Bingin, Pantai Balangan bisa dicapai dengan jarak tempuh yang menghabiskan waktu hanya 15-20 menit dengan sepeda motor.

Akan tetapi, perjalanan dengan mobil akan memakan waktu lebih lama karena mobil tidak bisa mengambil jalan pintas melalui lapangan golf.

BACA JUGA: Pantai Dreamland, 6 Keunggulan Dibanding Pantai Lain di Bali

2. Rute Menuju Pantai Balangan


Ada berbagai rute yang bisa ditempuh untuk mencapai Pantai Balangan. Salah satu cara paling populer untuk pergi ke pantai adalah dengan menggunakan sepeda motor.

Tentunya dengan menggunakan fasilitas sepeda motor, para wisarawan bisa leluasa untuk menjelajah lokasi-lokasi yang sulit dijangkau termasuk pantai-pantainya, begitupun para wisatawan bisa menjelajahi kawasan Uluwatu dengan kenyaman dan kebebasan tanpa batas yang tidak bisa didapatkan dengan berkendaraan roda empat yang relatif terbatas ruang geraknya.

Bagi wisatawan asing, uang tunai dalam pecahan Rupiah Indonesia dibutuhkan untuk menyewa mobil.

Pada umumnya menyewa mobil atau sepeda motor pribadi memiliki keuntungan karena Anda memiliki lebih banyak keleluasaan saat menjelajah.

Para wisatawan dapat menyewa sepeda motor dari tempat penyewaan yang bahkan akan diantarkan langsung, tanpa aturan yang ribet.

Bila pengunjung berangkat dari Uluwatu, itu hanya sebuah perjalanan singkat, yang bisa ditempuh dengan hanya memakan waktu 1 hingga 1,5 jam.


3. Harga Sewa Kendaraan


Umumnya, penyewaan mobil pribadi dimulai dari $45 atau sekitar Rp. 725 ribuan, untuk 8 jam, dan sudah termasuk sopir berpengalaman (yang juga bertindak sebagai pemandu), kendaraan itu sendiri, besin, titik penjemputan dan pengantaran dari hotel, termasuk juga air minum.

Bagi para wisatawan yang tidak memerlukan sopir sepanjang hari, bisa memesan ojeg motor online atau mobil menggunakan aplikasi.

Tetapi, sebagai catatan, perlu diingat bahwa Pantai Balangan terletak jauh dari Jalan Uluwatu, atau jalan utama.

BACA JUGA: Pantai Nusa Dua serta 5 Alasan Kenapa Anda Wajib untuk Mengunjunginya


4. Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Pantai Balangan


Pantai Balangan
Pantai Balangan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Secara umum, waktu terbaik untuk berkunjung Pantai Balangan adalah antara bulan April hingga bulan Oktober.

Hal ini tentunya berhubungan dengan musim kemarau yang terjadi di pulau Bali secara umum, biasanya pada bulan tersebut cuaca relatif cerah dengan kemungkinan turun hujan akan jarang terjadi.

Tetapi, pada bulan-bulan merupakan  musim puncak kunjungan, oleh karena itu lebih baik pergi ke Pantai Balangan lebih awal untuk mendapatkan tempat yang bagus di pantai.

Untuk menghabiskan satu hari penuh di Pantai Balangan, sebaiknya menunggu hingga saat matahari terbenam karena suasana ini merupakan daya tarik utama Pantai Balangan.

Para wisatawan pun masih bisa menjadwalkan kunjungan ke Pantai Balangan antara bulan November hingga Maret, dengan catatatan bisa mengatur kunjungan dengan tepat dan bergegas pada saat prakiraan cuaca memperkirakan akan menjadi hari yang cerah.

5. Tiket Masuk Pantai Balangan


Yang menakjubkan dari Pantai Balangan adalah tidak ada tiket biaya masuk yang harus dibayar oleh para pengunjung.

Akan tetapi, sebagai pengecualian adalah para pengunjung harus membayar biaya parkir kendaraan saja, baik membawa sepeda motor maupun mobil.

Biaya parkirnya murah saja yakni Rp. 2.000 per kendaraan.

Setelahnya, para pengunjung bisa leluasa menuju ke pantai dan menikmati pemandangan yang indah.

Jadwal operasional pantai ini buka sepanjang hari, setiap hari, jadi para pengunjung bisa menghabiskan waktu sepuasnya di Pantai Balangan ini.

BACA JUGA: Pantai Lovina: 7 Hal Menarik di Tengah Keindahan Alam dan Keajaibannya

6. Aktivitas di Pantai Balangan


Meskipun pantai ini terkenal karena ideal untuk kegiatan berselancar, tetapi para pengunjung juga bisa menikmati aktivitas lain selain berselancar.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Pantai Balangan dari mulai aktivitas menantang yang menguji adrenalin hingga aktivitas biasa yang tidak harus mengeluarkan keringat semisal duduk santai dan berjemur, selengkapnya:

1. Berselancar

Tidak bisa dimungkiri bahwa Pantai Balangan merupakan salah satu tempat peselancar terbaik di Pulau Bali.

Pecahan terumbu karang dari kiri menarik banyak peselancar baik peselancar profesional maupun peselancar yang masih pemula.

Pantai ini menawarkan tempat peselancar yang ideal juga menantang dengan ombak yang pecah baik ke kiri maupun kanan di atas terumbu karang yang dangkal.

Ombak di Pantai Balangan merupakan yang terbaik untuk peselancar tingkat menengah hingga lanjutan, dengan berbagai titik ombak yang bisa ditaklukkan.

2. Bersantai

Para pengunjung bisa menyewa payung dan kursi pantai untuk sekadar berbaring dan bersantai seraya menikmati sensasi berjemur.

Memesan minuman segar untuk mengatasi panas saat Anda menyaksikan peselancar menaklukkan ombak adalah hal yang bisa dilakukan.

Tentunya tidak usah khawatir soal makanan dan minuman karena ada banyak kios-kios kecil dengan range harga relatif murah yang menjual aneka makanan dan minuman di sekitar area pantai.


3. Jalan-Jalan di Area Pantai

Para pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar pantai Ketika air surut, para pengunjung juga bisa berjalan di sepanjang air untuk melihat kehidupan biota laut.

BACA JUGA: Legian dan 10 Destinasi Wisata Sekitarnya yang Menarik untuk Dikunjungi

4. Menikmati Sunset

Pantai Balangan
Sunset Pantai Balangan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Di pantai ini terkenal akan suasana sunset-nya, karena itulah para pengunjung menantikan momen indah ini.

Pantai Balangan memang menjanjikan sensasi liburan yang menyenangkan dengan panorama alamya yang sangat memukau ini.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.